30 October 2010

Gerakan Pengurangan Sampah Plastik

Advertisement
Sampah adalah bagian dari sesuatu yang tidak dipakai, tidak disenangi atau sesuatu yang harus dibuang, yang umumnya berasal dari kegiatan manusia. Berdasarkan komposisinya, sampah dibedakan menjadi dua yaitu : Sampah Organik dan Sampah Anorganik.


1. Sampah Organik
Terdiri dari bahan organis dan mudah terurai di dalam tanah. Manfaat bisa digunakan kompos dan pakan ternak
2. Sampah Anorganik
Terdiri dari bahan non organis dan sangat sulit terurai di dalam tanah. Manfaat bisa didaur ulang dan bisa dipakai kembali.



Persoalan sampah merupakan masalah serius yang membutuhkan penanganan terpadu. PErmasalahan ini semakin perlu mendapat perhatian, mengingat jumlah timbunan sampah plastik dari waktu ke waktu terus mengalami peningkatan.
Beberapa dampak negatif dari pengolahan sampah yang tidak baik sudah mengancam lingkungan kita. Sampah plastik yang menyumbat drainase-drainase merupakan salah satu faktor penyebab terjadinya banjir/ luaoan air dan menimbulkan pemandangan tidak sedap. Sampah plastik telah pula mengakibatkan gangguan keseimbangan ekosistem baik ekosistem darat maupun ekosistem perairan. Rusaknya terumbu karang yang diakibatkan tertutupnya terumbu karang oleh sampah plastik menyebabkan matikanya habitat terumbu karang yang sangat indah.

Apa yang bisa kita lakukan agar sampah tidak menggunung dan membuat lingkungan tidak sehat< salah satunya kita bisa menerapkan prinsip 4 R : Replace (mengganti), reduce (mengurangi), reuse (menggunakan kembali), dan recycle (mendaur ulang)

Beberapa Tips untuk mengurangi sampah plastik
  • Mengisi kembali botol minnuman bekas dengan air matang dari rumah jika bepergian
  • Membawa sendiri tas plastik dari rumah dalam jumlah besar dan memadai bila merencanakan untuk berbelanja
  • Mengumpulkan dan memberikan sampah plastik kepada pemulung, tidak membuang atau mebakarnya, karena pembakaran plastik dapat menimbulkan pencemaran udara dan meracuni tanah
  • memnfaatkan ulang botol / wadah plastik untuk pot tumbuhan atau pekerjaan tangan lainnya
  • Tidak menggunakan kemasan apapun berbahan dasar plastik untuk membawa / membukungkus nasi atau makan lain. Gunakan daun pisang atau rantang.