27 April 2011

Mari Bersepeda , Solusi Rekreasi Bebas Polusi dan BBM -Go Green-

Advertisement
Hampir saja lupa kalo punya weblog ini. terakhir posting mengenai kamera dslr Sony Alpha 580 kira-kira 3 bulan yang lalu, karena kesibukan tugas belajar di Rumah Sakit jadi blog ini terlantar deh. Oke lanjut ke posting saya kali ini, topiknya masih berhubungan dengan kesehatan dan dengan sedikit mengenai lingkungan kita, yang tidak lain yaitu bersepeda.
Bersepeda menurut saya suatu aktivitas yang mengabunggakan antara kesehatan dan tentunya rekreasi. Sambil mengayuh pedal sepeda berbekal sebuah Kamera DSLR Sony saya kemudian saya lakukan kegiatan "Goes" sambil "Hunting". sambil bersepeda tentunya dengan kecepatan rendah menuju objek-objek wisata seperti pantai, atau ke tempat-tempat dimana banyak aktifitas"human interest" seperti pasar dll mencari momen-momen indah untuk dijadikan sebuah pencitraan (foto).
Hobi saya bersepeda sudah dimulai sejak di bangku SD dan berlanjut sampai bangku SMA. Pas kuliah jarang banget bersepeda, disamping karena partner bersepeda waktu sekolah dulu tidak lagi 1 kampus tapi juga kondisi sepeda yg rusak parah. Sampai saat ini saya pernah punya 3 buah sepeda. yang pertama sepeda merek PUMA yang akhirnya raib digondol maling saat dulu saya asik bermain dingdong...jadi sepedanya dibawa lari deh. Trus beberapa tahun kemudian waktu di SMP dibelikan sepeda lagi... lumayan kuat sampai SMA dengan perubahan-perubahan modifikasinya sampai rusak parah.. dan akhirnya diminta sama tetangga karena anaknya pengen punya sepeda, dan oleh tetangga diperbaiki sedikit. dan yang terakhir sebuah sepeda MTB rakitan dengan biaya yang lumayan mahal yang menguras habis recehan di kantong dan tabungan.


Sepeda ini membutuhkan perjuangan beberapa bulan. Berawal dari beli fork, lalu group set, wheelset, frame akhirnya jadi juga sebuah sepeda idaman.
Spek :
Frame, Headset, seatclamp : Giant ATX 2011
Crank, FD, RD, Shifter : Shimmano SLX 10 Speed
Brakeset : Tektro Draco + Rotor
Hub, Free hub : Quando
Rims : Polygon Sirens
Ban : Kenda Nevegal
Fork : RST Omega
Stem, Handlebar : Polygon
Seatpost, Sadle : Uno 30,9, sadle Velo

Banyak manfaat yang bisa didapat dari bersepeda. Selain yang utama untuk kesehatan, paling tidak seminggu 2 kali minimal 15 menit bersepeda membantu menjaga kebugaran tubuh kita. Tentunya tambahan rekreasi dan berkumpul bersama bikers yang lain, tambah teman yang banyak.

Mulai sekarang biasakan untuk tidak mengendarai kendaraan bermotor jika hanya untuk bepergian ke tempat yang tidak jauh apalagi hanya sekedar keluar rumah untuk pergi ke warung atau berbelanja ke pasar. Bila hal ini dilakuakn oleh semakin banyak masyarakat indonesia, penghematan terhadap penggunaan BBM kendaraan bisa dikuranngi dan menjamin lingkungan udara kita lebih baik bebas dari polusi sisa pembuangan kendaraan bermotor.