02 December 2011

Mencoba belajar Investasi Keuangan (Reksa Dana)

Advertisement

Gara-gara melihat seorang teman kampus yang sibuk dengan laptop dan Galaxy Tabnya, iseng-iseng lirik ternyata dia lagi trading saham atau investasi di Pasar Modal. Setelah diskusi dengan dia pengen rasanya mencoba terjun langsung tapi sayang ilmu mengenai pasar modal masih cetek banget, nah disarankan lah untuk investasikan uangnya di Reksa Dana atau bahasa kerennya Mutual Fund.



Mengapa Reksa Dana?
Untuk orang seperti saya yang modal dan Ilmu mengenai pasar modal masih minim banget, investasi di Reksa Dana merupakan pilihan tepat (hanya modal Rp. 100.000 saja kita sudah bisa membeli unit RD, mengapa karena dengan Reksa Dana simplenya kita hanya menyerahkan sejumlah dana kepada MI (Manajer Investasi) untuk dikelola di Instrumen-instrumen investasi seperti Pasar Uang, Deposito, Obligasi, Surat Utang, Komoditas, Saham, Indeks, Opsi, dll, dengan harapan terjadi penambahan nilai dari uang yang diinvestasikan tadi.
Apabila kita punya dana lebih yang ga terpakai dari pada cuma nangkring di tabungan atau di celengan lebih baik di investasikan baik itu Reksa dana, atau instrumen lainnya seperti Logam Mulia, Saham, Valas atau investsi di sektor riin seperti properti (Rumah atau tanah), karena dengan investasi nilai dari uang kita bisa bertambah. Kali hanya di simpan di tabungan nilainya justru bisa berkurang, kenapa berkurang, karena adanya inflasi yang menyebabkan nilai uang kita menjadi menurun. karena bunga tabungan biasanya ga sebesar inflasi.

Keuntungan dan Kerugian
Tentunya bila kita menghendaki adanya pertambahan nilai dari uang kita pasti ada risiko yang bisa terjadi. Jumlah risiko yang bisa terjadi sebanding dengan return yang akan kita dapatkan nanti. High Risk High Return.
Keuntungan bisa didapat dari capital gain atau pembagian deviden kalo ada.

Mulai sekarang investasikan sebagian dana simpanan Anda, saya tidak menganjurkan semuanya karena uang cash pastinya akan diperlukan setiap saat. Saat tulisan ini saya buat saya memulai investasi reksa dana di Manager Investasi PT. Danareksa Invesment Management karena ada fitur dana reksa online di www.danareksaonline.com . Minimum pembelian portfolio ada yang Rp. 100ribu  jadi sangat cocok bagi yang ingin berinvestasi tapi tidak punya modal yang besar.

Untuk Info lebih lanjut mengenai Reksa Dana bisa searching di Google. Atau bisa kunjungi web www.infovesta.com atau web site Manager Investasi.

Post Berikutnya Mengenai Jenis-Jenis Reksa Dana....