03 December 2011

Test Tokina AT-X Pro 28-70 f2.8 for Canon

Advertisement
Kali ini mencoba menulis pengalaman menggunakan lensa "lama" dari Tokina. Tokina merupakan produsen lensa pihak ketiga untuk kamera slr/dslr Canon, Nikon, Sony. Mengapa saya memberi label lama karena lensa ini sudah tidak diproduksi lagi alias diskontinu. yaitu Tokina AT-X Pro 28-70 f2.8 . Lensa ini saya dapatkan sekond hand dari seorang penjual di bukalapak.com dengan harga 1,9 juta rupiah, sebuah harga yang lumayan murah untuk sebuah lensa Full Frame dengan bukaan fix 2.8 yang tentunya sangat berguna saat pengambilan foto dalam kondisi low light.



Hasil Test
Fisik : Oke banget, agak berat karena body terbuat dari metal. Grip Zoom dan focus pas di tangan. Manual Focus dengan sistem slide dan switch, jadi jika ingin menggunakan manual focus keduanya harus dalam keadaan MF. Diameter Ring 77 jadi harga filter dengan ring ini  masih agak tinggi. Hoya Pro-1 D aja yg ring 77 harganya sampai 525ribu...huh mahal amat...
Auto Focus : lumayan cepet, tapi masih kalah dengan USM nya Canon, suara lebih silent dibanding focusnya Tamron
Kualitas gambar : Ketajaman terbaik di Aperture f8.0 di semua range Zoom 28-70. Pada zoom 70 dengan bukaan wide f2,8 gambar yang dihasilkan agak soft jadi lebih baik di step down aperture ke f4 untuk hasil yang lebih baik.

Contoh Hasil


Pura Tanah Lot in HDR